Minggu, 14 Juni 2009

HANSEL DAN GRETEL

Pada suatu ketika ada seorang penebang kayu miskin yang hidup bersama istrinya. Serta anak laki-laki dan anak perempuannya, Hansel dan Gretel.

Keadaan hisup mereka sulit, dan tibalah harinya ketika mereka tidak punya apa-apa untuk dimakan. Si penebang kayu tidak punya pilihan lain selain membawa anak-anaknya kedalam hutan, dengan harapan bahwa aka nada bangsawan kaya yang pergi berburu dan menemukan mereka.

Ketika mereka telah pergisejauh mungkin, si penebang kayu menyalakan api, sehingga anak-anak itu dapat membaringkan diri dan tidur. Lalu ia pergi meninggalkan mereka. Malam telah tiba tatkala Hansel dan Gretel terbangun. Mereka tahu bahwa mereka tidak dapat menemukan jalan pulang dalam kegelapan!

Keesokan harinya, setelah berjalan untuk waktu yang rasanya sangat, sangat lama, mereka menemukan sebuah rumah kecil yang indah. Hansel dan Gretel dapat melihat bahwa atap rumah itu terbuat dari cokelat, dinding-dindingnya dari roti currant dan jendela-jendelanya dari gula putih! Saat itu mereka telah sangat lapar, jadi mereka masing-masing mencuik sepotong dari roti currant itu. Tepat pada saat itu, seorang wanita tua muncul di pintu, menawarkan makanan dan tempat tinggal kepada mereka berdua. Hansel dan Gretel tidak mengetahuinya saat itu, namun sesungguhnya wanita tersebut adalah seorang penyihir!

Ia memasukkan Hansel ke sebuah kurungan, bermaksud untuk membuatnya gemuk untuk dimakannya kelak, dan menyuruh Gretel melakukan semua pekerjaan rumah tangga. Setiap pagi, si penyihir meraba jari Hansel untuk melihat apakah ia sudah menjadi gemuk. Karena menderita rabun jauh, si penyihir tidak dapat melihat bahwa Hansel mengulurkan sepotong tulang untuk sirasakan olehnya, bukan jari anak itu sendiri! Mengapa ia tetap saja kurus, ya? Penyihir itu bertanya-tanya.

Akhirnya, kesabarannya habis! Gemuk atau kurus, katanya, aku akan memakan Hansel. Gretel disuruh membuat api dan merebus sekuali besar air. Gretel meminta penyihir itu untuk memeriksa apakah air tersebut sudah cukup panas. Lalu diam-diam ia berjalan kebelakang penyihir itu dan mendorongnya masuk ke dalam kuali itu!

Hansel dilepaskan dan tak lama kemudian mereka sudah berada di rumah mereka kembali dengan selamat dan dengan membawa berbagai harta dari rumah di dalam hutan itu yang berlimpah hingga mereka tak akan pernah kekurangan lagi.

0 komentar: